Pages

Rabu, 25 Januari 2012

Saat Teduh 25 Januari 2012

PUSARAN DOSA
Keluaran 32 : 1 - 35


Setitik dosa bukan untuk diremehkan, tetapi untuk diwaspadai. Mengabaikannya berarti membuka celah untuk dosa yang lebih besar lagi masuk dan menamatkan perjalanan kekristenan kita. Bahkan kadangkala kejatuhan dari tokoh-tokoh besar dalam Alkitab selalu diawali dari dosa kecil yang tak diwaspadai. Mau dengar komentar saya tentang beberapa tokoh Alkitab yang terjebak dalam pusaran dosa?
Musa, tidak ada pemimpin yang sehebat Anda. Anda punya kharisma, kepandaian dan mujijat yang luar biasa. Hanya, mengapa Anda membuat diri tidak dapat masuk ke sana hanya gara-gara amarah yang memuncak?
Harun, Anda merupakan saksi hidup tentang semua peristiwa ajaib yang dilakukan Tuhan saat menulahi Mesir. Selain itu, Anda punya jabatan sebagai Imam besar yang ditunjuk oleh Tuhan secara langsung. Tapi mengapa Anda justru memimpin bangsa Israel berjingkrak-jingkrak di depan patung anak lembu emas?
Daud, tidak pernah Tuhan memuji seseorang seperti ketika Ia memuji Anda. Anda pahlawan, pemazmur, dan punya segalanya. Tapi mengapa Anda menurunkan wibawa Anda sebagai seorang raja dengan berselingkuh dengan istri prajurit Anda sendiri?
Simson, Anda simbol kekuatan dan keperkasaan. Namun mengapa Anda biarkan diri terlihat begitu lemah di pangkuan perempuan nakal seperti Delila?
Bukankah orang-orang besar itu hanya kompromi dengan dosa kecil? Cukup mengejutkan melihat fakta bahwa dosa kecil ternyata punya akibat yang sedemikian fatal. Tuhan ingin kita waspada dan hati-hati terhadap dosa-dosa yang kita anggap kecil. Jangan kompromi dengan dosa, sekecil apapun juga, jika kita tidak ingin menanggung akibat yang cukup fatal. Dusta kecil akan melahirkan penipuan besar. Menanggapi kerlingan mata nakal akan melahirkan skandal memalukan. Tidak jujur akan uang menjadi pintu gerbang bagi korupsi, kolusi atau praktek-praktek kecurangan. Mencuri kemuliaan Tuhan dalam porsi yang sedikit sekalipun akan membuat kita menjadi sombong rohani dan lupa kalau hidup ini hanya anugerah Tuhan semata. Jangan abaikan dosa kecil, waspadalah!
Kerusakan fatal biasanya diawali dari kerusakan kecil yang diabaikan.


Source: www.renungan-spirit.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More