Pages

Kamis, 02 Februari 2012

Agar Tak Perlu Diet Lagi

Bagi siapa pun yang ingin menurunkan berat badannya, mengatur pola makan adalah hal yang mutlak perlu dilakukan. Akan tetapi, pengaturan yang tepat bukanlah diet yang melarang Anda makan ini itu karena itu hanya akan memberikan manfaat jangka pendek.

Agar program diet yang dilakukan bisa bertahan dalam jangka panjang, pastikan Anda nyaman dalam menjalaninya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar program penurunan berat badan sukses tanpa perlu tersiksa.

- Monitor kebiasaan

Cobalah pahami mengapa Anda sangat keranjingan makan. Untuk beberapa minggu, tulislah dalam jurnal makanan, kemudian analisa kapan dorongan makan itu timbul dan apa pemicunya. Bila pekerjaan membuat Anda stres dan sekantong keripik setiap siang bisa membuat Anda lebih tenang, maka Anda termasuk "stress eater".

- Jangan kelaparan
Mengurangi makan sering dianggap jalan pintas untuk mengurangi berat badan. Tetapi kekurangan makan memiliki dampak langsung pada kecepatan metabolisme. Selain itu diet dengan cara "berpuasa" juga akan menyebabkan berat badan naik dengan cepat jika Anda kembali pada pola makan yang lama.

Jika asupan makanan kita tidak bervariasi, misalnya menghindari protein, akibatnya massa otot kita berkurang, padahal ini adalah yang membakar kelebihan lemak saat kita tertidur.

- Mulailah dengan baik

Diet yang sehat seharusnya tetap membolehkan kita makan tiga kali sehari karena kita tetap harus mengonsumsi sarapan. Setelah harus berpuasa selama 7 jam saat kita tidur, menghindari sarapan akan membuat tubuh menyimpan cadangan lemak karena mengira kita kekurangan makan. Ini adalah bagian dari sistem survival tubuh.

Bila kita berdiet tetapi memiliki waktu makan yang teratur, secara alami berat badan akan menurun karena tubuh "mempercayai" kita kembali.

- Jangan mengingkari diri
Menghindari makanan tertentu justru akan membuat Anda lebih mudah tergoda jika melihat atau memikirkan makanan itu. Justru dengan tidak membuat pantangan, godaan itu akan berkurang. Memang mengasup cokelat atau cake setiap hari bisa membuat jarum timbangan melonjak, tetapi satu atau dua kali dalam seminggu masih tidak apa-apa.

- Buat variasi

Lihatlah apa yang orang kebanyakan makan, mereka hanya mengasup sarapan dan makan siang dengan menu yang sama setiap harinya selama bertahun-tahun. Buatlah variasi dan makanlah beragam jenis makanan. Fokuslah pada apa yang ada dalam menu makan Anda dan bukan pada apa yang tidak boleh dimakan.

- Jangan takut karbohidrat

Tidak perlu takut pada karbohidrat, apalagi jenis karbohidrat kompleks seperti beras merah atau roti yang mengandung serelia utuh sangat penting karena mengandung mineral esensial, serat, dan menstabilkan gula darah. Anda tidak harus mengasupnya dalam jumlah besar, secukupnya saja.

- Konsentrasi

Saat makan, konsentrasilah pada isi piring Anda. Hindari makan sambil menonton TV, mengerjakan sesuatu di laptop atau memainkan ponsel Anda. Luangkan waktu untuk sungguh-sungguh menikmati makanan. Jika Anda tidak berkonsenstrasi pada apa yang dimakan, Anda tidak akan merasa sudah makan.


Source: www.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More