Pages

Rabu, 28 Desember 2011

Aman Dalam Tuhan

Saudara-saudaraku yang terkasih di dalam Yesus Kristus, semua orang pasti menginginkan rasa aman di dalam kehidupannya sehari-hari. Banyak cara diusahakan agar rasa aman dapat diperoleh. Rasa aman akan memberikan ketenangan dan kemampuan untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Pada awal Bapa menciptakan manusia, Ia sudah merencanakan sesuatu yang indah. Ia menciptakan manusia seturut dan sesuai rupa-Nya, itu adalah bukti cinta Bapa kepada kita. Apakah lantas kita ditinggalkan setelah Ia menjadikan kita? Tidak. Sebagai Bapa yang sangat baik, Ia menyediakan jaminan-jaminan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya agar dapat memperoleh rasa aman di dalam kehidupan orang tersebut. Jaminan apa sajakah yang Tuhan sediakan untuk orang-orang yang percaya kepada-Nya?

1. Jaminan Keselamatan (1 Yoh 5 : 11-13)
    Bapa menyediakan keselamatan bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya dari kematian yang kekal. Hal tersebut Ia tunjukkan dengan mengutus Anak Tunggal-Nya ke dunia untuk menebus dosa kita. Kita tahu bahwa upah dosa adalah maut, jadi Ia membebaskan kita dari dosa kita yang akan membawa kita menuju kepada maut.
2. Jaminan Jawaban Doa (Yoh 16 : 24)
    Bapa yang baik akan menjawab doa-doa kita. Tapi, jawaban dari Bapa tidak selamanya sesuai dengan kehendak kita. Ada tiga macam jawaban yang bisa Bapa berikan kepada kita. Jawabannya bisa ya, tidak, atau tunggu dulu. Sebagai orang percaya, kita harus berserah kepada Bapa dan meyakini bahwa Bapa akan memberikan yang terbaik kepada kita. Manusia bukanlah makhluk yag sempurna, Bapa-lah yang sempurna dan Ia tahu apa yang kita butuhkan.
3. Jaminan Kemenangan Atas Pencobaan (1 Kor 10 : 13)
    Maksud pencobaan di sini adalah godaan-godaan yang membuat kita jauh dari Bapa. Pencobaan-pencobaan ini bisa berupa keinginan kita atau lingkungan sekitar kita. Tetapi, pencobaan-pencobaan itu dialami juga sama orang lain yang percaya kepada Bapa. Semuanya adalah pencobaan biasa. Bapa memberi jaminan kalau kita akan menang atas pencobaan-pencobaan yang dapat membuat kita jauh dari-Nya.
4. Jaminan Pengampunan Dosa (1 Yoh 1 : 9)
    Kita tahu bahwa upah dosa adalah maut (Yak 1 : 15). Akan tetapi, Bapa yang kudus mampu menyucikan kita dari segala dosa kita sehingga kita terbebas dari maut. Bagaimana caranya? Kita harus terbuka di hadapan Bapa dan mengaku secara terang-terangan mengenai dosa yang sudah kita lakukan. Setelah itu, kita harus berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi.
5. Jaminan Bimbingan Tuhan (Ams 3 : 5-6)
    Manusia dan Bapa sangat jauh berbeda. Apa yang menjadi kehendak manusia sering menjadi sesuatu yang buruk di mata Bapa. Bapa adalah sempurna dan segala kebaikan ada pada-Nya. Bapa menjamin kalau jalan kita akan diluruskan jika kita menyandarkan hidup kita kepada-Nya. Ia akan memberikan petunjuk-petunjuk kepada kita untuk menjalani kehidupan.

Nah, bagaimana cara kita memperoleh rasa "Aman dalam Tuhan" ini? Bukankah ini yang kita inginkan? Langkah yang pertama yang harus kita ambil adalah memutuskan untuk menerima Bapa percaya bahwa Bapa adalah Penyelamat kita dari maut melalui Yesus Kristus dan berkomitmen untuk mengikuti-Nya sepanjang hidup kita. Setelah kita menerima-Nya dan mengundang Dia dalam hidup kita, kita harus setia membina persekutuan pribadi dengan-Nya, bisa melalui saat teduh yang teratur, "Bible-reading", atau  doa. Persekutuan dengan saudara seiman juga harus dibina. Terakhir, kita harus aktif menyebarkan firman Tuhan dan mengabarkan-Nya kepada orang lain. Itu adalah perintah Tuhan Yesus sendiri (Mat 28 :19-20).

Bagaimana? Mau dapat jaminan di atas? Mau "Aman dalam Tuhan", Pencipta kita? Jangan tunda lagi, terima Dia dan undang Dia sekarang dalam hidup Anda. Imanuel.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More