Pages

Rabu, 01 Januari 2014

Sehatnya Tertawa

Humor adalah suatu hal yang infeksius. Suara tawa terbahak-bahak jauh lebih menular kalo dibandingkan dengan semua jenis batuk, pilek, maupun bersin (wow o.O). Tertawa menyebabkan orang-orang di sekitar "terikat" dan tawa juga meningkatkan rasa bahagia dan akrab antara orang yang tertawa dengan orang lain di sekitarnya. Tawa juga memicu munculnya perubahan fisik yang sehat di dalam tubuh. Humor dan tawa meningkatkan sistem imun, meningkatkan energi, mengurangi rasa sakit, dan melindungi kita dari bahaya stress. Yang paling baik tentu saja pengobatan ini menyenangkan, murah, dan mudah sekali untuk digunakan.
Tawa merupakan lawan yang tangguh untuk stress, rasa sakit atau konflik. Tidak ada yang dapat bekerja lebih cepat di dalam menyeimbangkan pikiran dan tubuh kita dibandingkan dengan tertawa. Humor akan meringankan bebanmu, memunculkan harapan, menghubungkan diri dengan orang lain, dan membuat kita jadi lebih fokus dan waspada. Dengan kekuatan dan kemampuannya untuk memulihkan dan memperbarui, semakin sering dan mudah untuk tertawa akan menjadi suatu hal yang sangat hebat dalam menaklukkan masalah, mempererat hubungan dengan sesama, dan mendukung kesehatan fisik dan jiwa.

Tertawa baik untuk kesehatan kita:

  1. Tertawa merelaksasi seluruh tubuh. Tertawa akan menurunkan tekanan fisik dan stress serta merelaksasi seluruh otot sampai 45 menit setelahnya.
  2. Tertawa meningkatkan sistem imun tubuh. Tertawa menurunkan jumlah hormon stress serta meningkatkan jumlah sel imun dan antibodi terhadap infeksi, sehingga daya tahan tubuh meningkat.
  3. Tertawa memicu pengeluaran endorfin. Endorfin adalah senyawa "perasaan baik" yang alami. Endorfin menimbulkan perasaan baik secara umum dan bahkan mampu mengurangi rasa sakit.
  4. Tertawa melindungi jantung. Tertawa memperbaiki fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang dapat mengatasi serangan jantung serta keluhan kardiovaskuler lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More