Pages

Rabu, 15 Januari 2014

(lagi) Gaya Hidup Sehat vs Penyakit Kronik

Baru-baru ini dipublikasikan suatu penelitian mengenai hubungan antara gaya hidup dengan insidensi (angka kejadian) penyakit kronik dan demensia. Dari penelitian yang dilakukan oleh pakar di United Kingdom ini didapatkan terdapat hubungan yang cukup signifikan. Orang yang memiliki gaya hidup yang baik cenderung mempunyai kemungkinan kecil terserang penyakit kronis seperti diabetes mellitus dan penyakit yang menyerang pembuluh darah. Selain itu, gaya hidup yang sehat juga meminimalisasi kemungkinan seseorang terserang demensia.
Diabetes mellitus dikenal juga sebagai kencing manis. Ada dua tipe diabetes mellitus, tipe I dan tipe II. Di antara kedua tipe tersebut, yang sering terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat adalah diabetes mellitus tipe II. Sedikit bercerita, diabetes mellitus (biasa disingkat DM) tipe II terjadi karena ketidakmampuan reseptor (penerima) glukosa dalam menyerap glukosa, sehingga konsentrasi glukosa di dalam darah seseorang tinggi. Akibat yang ditimbulkan sangat banyak. Glukosa merupakan sumber energy bagi organ2 tubuh, sehingga apabila tidak diserap maka organ2 tubuh akan kekurangan energy. Pasien DM juga lebih rentan terkena infeksi. Jika berlangsung dalam waktu yang lama, seluruh bagian dalam tubuh seorang DM akan rusak dan menyebabkan kematian. Perlu diketahui bahwa sampai saat ini belum ada cara untuk menyembuhkan DM. Saat ini para praktisi kesehatan hanya dapat mengendalikan kadar glukosa darah pasien DM. Karena itu, selagi bias dicegah lebih baik penyakit ini dicegah. Gaya hidup sehat seperti olahraga dan makanan yang bergizi (bukan mahal) adalah beberapa cara mencegahnya.
Pembuluh darah, ga perlu diceritakan lah ya? Tau kan kalo pembuluh darah fungsinya untuk mengalirkan darah ke setiap bagian tubuh? Kalo rusak, artinya pasokan darah akan terganggu dan akibatnya.. (silahkan dilanjutkan sendiri)
Demensia sering dikenal dengan istilah pikun, walaupun sebenarnya tidak sesederhana itu. Demensia sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, baik itu berdasarkan penyebabnya maupun periodenya. Demensia tentu saja sangat mengganggu kehidupan. Seseorang dengan demensia bias saja lupa meletakkan bolpen yang baru 5 menit lalu dipakainya. Lebih parah lagi, seorang dengan demensia bias keluar dari kamar mandi setelah mandi tanpa mengenakan busana. Sangat mengganggu, bukan?
Beberapa penyakit di atas sudah diteliti hubungannya dengan gaya hidup sehat. Dan hasilnya adalah semakin sehat gaya hidup seseorang, semakin kecillah kemungkinannya terserang beberapa penyakit di atas. Tunggu apa lagi?

*Penelitian di atas dipublikasikan dalam sebuah artikel berjudul Healthy Lifestyles Reduce the Incidence of Chronic Disease and Dementia : Evidence from the Caerphilly Cohort Study

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More